Tidak banyak Universitas di Indonesia yang mendapatkan kesempatan untuk dikunjungi meskipun mereka layak untuk dinilai.
Jakarta (UNAS) – Akreditasi dan eksistensi sebuah fakultas dan progam studinya merupakan salah satu hal terpenting yang menjadi tolak ukur bagi orangtua dan calon mahasiswa dalam menentukan pilihannya untuk melanjutkan pendidikan.

Menyadari hal tersebut, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Nasional berusaha mempertahankan akreditasi yang telah dicapainya pada program studi Ilmu Politik dengan menunjukkan yang terbaik pada visitasi program studi Ilmu Politik FISIP Unas pada tanggal 11 – 12 November kemarin. Pada kesempatan tersebut telah hadir tim asesor yang berasal dari Universitas yang berbeda, yaitu dari Universitas Hasanuddin (Unhas), Prof. Dr. Juanda Nawawi, M.Si dan Universitas Muhammadiyah Jogjakarta (UMY), Drs. Much Zaenuri M.Si.

Acara yang dilakukan di Ruang Seminar, Selasar Blok I Lantai 3 ini tidak hanya dihadiri oleh para pemimpin FISIP, khususnya program studi Ilmu Politik. Turut hadir melengkapi visitasi tersebut, perwakilan dari alumni dan mahasiswa aktif dari program studi itu. “Untuk Program Studi Ilmu Politik, kami berusaha menjadikan mahasiswa menjadi seorang ahli parlemen, dan ahli terampil dalam keanggotaan parlemen,” papar Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unas, Prof. Drs. H.B. Tamam Achda, M.Si dalam sambutannya, Jum’at (11/11).

Tidak hanya Ilmu Politik, Prof. Achda pun menerangkan prospek karir lainnya bagi masing – masing program studi, baik Ilmu Komunikasi, Administrasi Negara, Hubungan Internasional, dan Sosiologi. Prof. Achda juga menjelaskan langkah – langkah strategis yang dilakukan FISIP dalam mempertahankan eksistensi dan kualitas akreditasinya. Diantaranya adalah menjalin kerajasama dengan universitas – universitas baik di dalam maupun luar negeri.

Di tingkat lokal sendiri, FISIP Unas telah bekerjasama dengan Universitas Padjajaran untuk program studi Hubungan Internasional (HI) dan Administrasi Negara. Sementara di lingkungan Internasional, FISIP Unas berkolaborasi dengan Universiti Malaysia Sabah (UMS) dalam menggelar seminar internasional, dan kini telah berhasil mencetak jurnal kerjasama antar keduanya.

Menanggapi hal tersebut, salah satu tim asesor yang berasal dari Universitas Hasanuddin (Unhas), Prof. Dr. Juanda Nawawi, M.Si mengungkapkan tujuan visitasi ini adalah untuk bersilaturrahmi dan melakukan penilaian secara objektif terhadap program studi Ilmu Politik FISIP Unas. Prof. Juanda juga mengatakan bahwa tidak banyak Universitas di Indonesia yang mendapatkan kesempatan untuk dikunjungi meskipun mereka layak untuk dinilai. “Hadirnya tim asesor adalah untuk melakukan pengecekan, dan mudah – mudahan hasil kunjungan ini akan ada manfaatnya dan berguna untuk pengembangan prodi ke depan,” ujar Prof. Juanda

Saat ini Program Studi Ilmu Politik telah mendapatkan akreditasi A. Diharapkan hasil visitasi tersebut, FISIP Unas pun dapat mempertahankan nilai tersebut dan membuktikan kualitas terbaiknya bagi masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *