Laporan ini merupakan pertanggungjawaban atas dana yang diminta dan digunakan untuk perjalanan “Field Trip Kelas Poitik Etnis” yang telah dilakukan pada tanggal 12 maret 2016 di Museum Nasional Jakarta. Besar harapan kami bahwa kegiatan akademik seperti ini dapat lebih sering dilakukan.

Politik Etnis merupakan salah satu Mata Kuliah Wajib bagi mahasiswa Program Studi Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Nasional. Mata Kuliah ini mengkaji model dan kebijakan yang ditempuh oleh institusi (baik state maupun non-state) dalam upaya menata serta mengelola persoalan-persoalan etnisitas terutama yang terjadi di negara multi-etnik seperti Indonesia. Persoalan ini menjadi krusial apabila kebijakan yang ditempuh tidak mengikutsertakan peranan elit lokal, sehingga kearifan lokal dapat digunakan sebagai basis dalam pengambilan kebijakan politik.

Untuk menumbuhkan kepekaan mahasiswa mengenai hakekat ke-Indonesia-an, maka perkuliahan di kelas dirasa kurang mencukupi. Idealnya, mahasiswa diajak langsung ke lapangan untuk lebih dekat memahami kondisi Indonesia yang multi-etnik sehingga dapat dengan mudah memahami konsep-konsep yang dijelaskan di dalam kelas. Namun karena keterbatasan waktu, dana, dan kesempatan, maka mengunjungi museum adalah hal yang paling mungkin dilakukan.

Musium Indonesia adalah museum terbesar di Indonesia yang memiliki ruang etnografi, dimana di sana terdapat model-model yang dapat menjelaskan mengenai keberagaman budaya yang dimiliki oleh bangsa kita. Oleh karena itu, museum ini menjadi tempat yang paling tepat untuk dikunjungi.

Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk menumbuhkan kepekaan mahasiswa mengenai hakekat ke-Indonesia-an sebagai negara yang multi-etnik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *