Perkuliahan perdana akan dilangsungkan pada semester genap tahun akademik 2012/2013 pada bulan Maret tahun ini.
Jakarta (UNAS) – Sebagai universitas tertua di Jakarta, rupanya Universitas Nasional semakin melebarkan sayapnya di dunia pendidikan. Terbukti, saat ini Unas resmi membuka program doktoral (S3) Ilmu Politik dan siap menerima mahasiswa baru lulusan S2 yang memiliki minat tinggi untuk meneruskan studi S3-nya.

Berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 400/E/O/2012 yang dikeluarkan pada Jum’at 23 November 2012 lalu secara resmi Universitas Nasional diberikan ijin penyelenggaraan Program Studi Ilmu Politik jenjang program Doktor (S3) dengan konsentrasi pada ekonomi politik dan politik Indonesia.

Menariknya, program Doktor (S3) tersebut pun saat ini sudah mulai membuka pendaftaran sejak Desember 2012 lalu bagi mahasiswa lulusan S2 yang berminat untuk melanjutkan studi pada ilmu politik, dan perkuliahan perdana akan dilangsungkan pada semester genap tahun akademik 2012/2013.

“Kita siap membuka program Doktor Ilmu Politik dan tes perdana akan dilaksanakan pada 1 – 2 Januari 2013 meliputi tes tertulis berupa pengetahuan seputar ilmu politik dan metodologi penelitian serta ada tes wawancara dan ujian proposal,” papar Direktur Sekolah Pascasarjana Unas, Dr. Mohammad Noer saat ditemui di ruangannya, Selasar, Blok I Lantai 2, Rabu (2/1).

Adapun persyaratan pendaftaran program Doktor (S3) ilmu politik ini antara lain, mengisi formulir pendaftaran dengan biaya sebesar Rp 400 ribu, menyerahka photo terbaru, copy ijazah S2 dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3.25 dari skala 4.00 sebanyak lima lembar, melampirkan rekomendasi kemampuan akademik yang telah disiapkan oleh Unas, memberikan hasil tes kesehatan, jaminan sponsor, memiliki nilai TOEFL minimal 475 dengan memberikan bukti sertifikat, hasil Tes Potensial Akademik (TPS), serta melampirkan proposal disertasi.

Bagi calon mahasiswa yang berkeinginan melanjutkan studi S3 Ilmu Politik di Universitas Nasional, dapat langsung berkunjung ke ruang Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) Unas di Blok I Lantai 1.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *