1

Jakarta, 27 November 2013 – Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Politik (HIMAJIP) FISIP Universitas Nasional dan Ayo Vote mengadakan Roadshow Pendidikan Pemilu “Menjadikan Pemilih  Cerdas”. Esensi  terpenting dari pendidikan pemilu adalah pendidikan kewarganegaraan meliputi pendidikan demokrasi  yaitu menjadikan masyarakat khususnya pelajar  dan mahasiswa dalam pengelompokan usia 17-21 tahun yang merupakan pemilih pemula memiliki mainset partisipatif dalam Pemilihan Umum.

“Sebagai  representasi dari mahasiswa Program Studi Ilmu Politik tentunya kami berkewajiban berbagi ilmu serta wawasan terhadap pentingnya partisipasi kaum muda dalam Pemilihan Umum. Selain itu juga kegiatan ini merupakan implementasi dari salah satu fungsi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian kepada masyarakat” ujar Ketua Pelaksana, Danan Widyokangko.

Sebagian dari kalangan pemilih pemula di level siswa SMA yang dimana masih terdapat rasa frustasi dan tidak dapat berbuat apa-apa melihat situasi politik yang berkembang akhir-akhir ini dan berdampak pada menurunkan partisipasi politik mereka.

Menurut Alfath Amrin selaku Ketua Umum HIMAJIP, “Pemuda butuh sentuhan edukasi politik dalam konteks Pemilihan Umum karena presentasi suara yang berasal dari pemilih pemuda mencapai 30% sehingga dengan peran serta pemuda maka diharapkan adanya perubahan terhadap perpolitikan demi masa depan bangsa Indonesia.”
Langkah nyata yang dilakukan oleh HIMAJIP yang berinisiatif melakukan kerjasama dengan Ayo Vote yang merupakan lembaga yang memiliki perhatian terhadap peningkatan partisipasi pemuda dalam Pemilihan Umum ini diadakan bertempat di SMA Muhammadiyah 18 Kebayoran Lama, Jakarta pada hari Rabu 27 November 2013.

“Kami mengajak Ayo Vote untuk turut aktif dalam mengisi acara ini. Kami sangat mengapresiasi  visi yang selama ini dimiliki oleh Ayo Vote , berharap dengan diadakannya kegiatan ini dapat menghasilkan output pemahaman terhadap perpolitikan dalam konteks Pemilu pada peserta yakni siswa-siswi SMA” tambah Alfath.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *