Sosialisasi & Pengenalan “Program Kita Peduli” Dari Kita Untuk Siswa/I SMA & SMK merupakan serangkaian webinar yang diselenggarakan oleh Universitas Nasional dalam rangka Dies Natalis Universitas Nasional ke-72. Webinar ini diselenggarakan oleh Prodi Ilmu Politik Fisip Universitas Nasional, dengan mengemban tiga amanah, yaitu pertama melakukan fungsi pengajaran, kedua melakukan fungsi penelitian, dan ketiga melakukan fungsi pengabdian kepada masyarakat. Dalam melakukan serangkaian acara Dies Natalis Universitas Nasional, Program Studi Ilmu Politik Universitas Nasional berinisiatif untuk membuat program dengan melibatkan peran serta dari kalangan pelajar yang mana dalam sosialisasi mengenai program kita peduli ini, Prodi Ilmu Politik Universitas Nasional menggandeng adik-adik pelajari ditingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai peserta dari acara ini. Acara yang dilaksanakan pada Rabu, 17 November 2021 diisi oleh sejumlah narasumber yang merupakan dosen dari Program Studi Ilmu Politik Universitas Nasional yang memiliki concern terhadap lingkungan yaitu ada Dr. Ir. H. Teddy Suratmadji., M.Sc. dan Mochdar Soleman, S.IP., M.Si. dan acara dimpandu oleh Saskia Ananda Putri yang merupakan mahasiswi aktif Ilmu Politik Universitas Nasional. Pelaksanaan sosialisasi terhadap pelajar SMA & SMK ini diharapkan dapat menjadi penyambung tali kasih antara Prodi Ilmu Politik Universitas Nasional kepada masyarakat terutama dalam sosialisasi kali ini ialah pelajar SMA & SMK.
Webinar dengan bertemakan Sosialisasi & Pengenalan “Program Kita Peduli” Dari Kita Untuk Siswa/I SMA & SMK dilaksanakan melalui platform Zoom Meeting yang dihadiri oleh 99 peserta dari sejumlah sekolah SMA dan SMK di Jabodebek dengan harapan peserta webinar mendapatkan ilmu mengenai pengelolaan bank sampah yang baik. Selain itu Program Studi Ilmu Politik Universitas Nasional berharap dengan terselenggaranya acara ini peserta yang hadir dapat menjadi agent of change mengenai permasalahan sampah dengan bergerak membuat bank sampah di lingkungan sekolah ataupu tempat tinggal mereka.
Webinar ini hadir dari keresahan mengenai sampah yang menjadi polemik dalam kehidupan sosial. Krena kerap kita temui di lingkungan tempat tinggal maupun instansi Pendidikan seperti sekolah dan kampus masih banyak ditemukan sampah yang berserakan begitu saja. Hal tersebut tentu menjadi bumerang bagi manusia saat manusia sendiri tidak memiliki kesadaran dalam menjaga kebersihan lingkungan. Padahal sampah yang dihasilkan baik oleh manusia maupun lingkungan itu sendiri, dapat menghasilkan suatu manfaat jika dikelola dengan baik. Penanggulangan sampah dapat dijadikan salah satu metode dalam menentukan keterampilan yang nantinya membuat sampah menjadi nilai jual. Di samping limbah sampah yang dapat dibakar, sampah pun dapat dijadikan suatu barang yang nantinya memiliki manfaat.
Dengan mengacu pada kedudukan dari Bank Sampah dengan landasan Peraturan Pemerintah (PP) No. 81 Tahun 2012 mengenai Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga. PP ini kemudian menjelaskan mengenai kewajiban dalam produsen dalam melaksanakan aktivitas 3R (Reduce, Reuse serta Recycle) ataupun metode penggunaan produk kemasan yang mudah diurai oleh alam. Bank Sampah dalam mekanisme PP No.81 Tahun 2012 ini menjelaskan apabila warga sebagai penghasil sampah melaksanakan kedudukannya dalam pengelolaan sampah, misal 3R serta menampung dan memasarkan sampah tersebut maka Bank Sampah ini hadir sebagai fasilitator untuk warga dalam menabung sampah tersebut. Pelaksanaan Bank Sampah ini diharapkan dapat memberdayakan warga dalam pengelolaan sampah.
Program Studi Ilmu Politik Universitas Nasional mengajarkan kepada pelajar SMA dan SMK mengenai cara kerja dari Bank Sampah yang pada umumnya mekanisme penggunaannya hampir sama dengan bank lainnya yaitu terdapat nasabah, pencatatan pembukuan dan ada manajemen pengelolaannya, apabila dalam Bank yang biasa kita kenal yang disetorkan nasabah adalah uang akan tetapi dalam Bank Sampah yang disetorkan adalah sampah yang mempunyai nilai ekonomis, sedangkan pengelola Bank Sampah harus orang yang kreatif dan inovatif serta memiliki jiwa kewirausahaan agar dapat meningkatkan pendapatan pada masyarakat (Aryenti, 2010).
Berfokus pada lingkungan sekolah, pengelolaan terhadap limbah sampah sangat membutuhkan perhatian yang serius. Masih banyak ditemukan sekolah-sekolah dengan limbah sampah yang tidak diperhatikan serta dibiarkan berserakan begitu saja. Sebagai seorang pelajar yang berpendidikan dan memiliki pengetahuan, peran pelajar disetiap sekolah sangat diperlukan dalam hal pengelolaan sampah. Pemberdayaan potensi yang ada dalam diri setiap pelajar sangat diperlukan dalam meningkatkan kepedulian sebagai pelajar yang terpelajar dan berpendidikan. Maka dengan hal ini siswa/i yang hadir dalam acara webinar ini diharapkan mampu untuk memanfaatkan sampah yang sudah tidak dapat digunakan kembali dengan cara memanfaatkan sampah sebagai media kreativitas siswa. Selain itu sampah yang dihasilkan Sekolah kebanyakan adalah jenis Sampah kering dan hanya sedikit Sampah basah. Sampah kering yang dihasilkan kebanyakan berupa kertas, plastic, dan sedikit logam. Dalam hal ini, Bank Sampah dapat dijadikan salah satu solusi dalam menampung sampah yang ada dilingkungan sekolah.
Dengan mengangkat bank sampah sebagai program dari pengelolaan sampah merupakan salah satu cara alternatif sekaligus solusi yang ditawarkan oleh Program Studi Ilmu Politik Universitas Nasional kepada pelajar SMA dan SMK dalam menyikapi permasalahan sampah yang tidak terkendali baik di lingkungan sekolah maupun lingkungan tempat tinggal. Selain itu pun pengelolaan sampah melalui metode bank sampah dapat memunculkan suatu nilai bagi pelajar, bahwa sampah tidak selamanya menjadi sesuatu yang tidak berguna tetapi dapat dijadikan suatu barang yang memiliki nilai seni dan nilai ekonomis (menghasilkan uang).
Webinar Sosialisasi & Pengenalan “Program Kita Peduli” Dari Kita Untuk Siswa/I SMA & SMK diadakan secara interaktif dimana pelajar SMA dan SMK yang hadir dapat menanyakan langsung kepada narasumber yang ada mengenai permasalahan lingkungan dan juga mekanisme menjalankan program bank sampah ini. Pelajar SMA dan SMK yang hadir di forum Zoom pun memiliki antusias yang sangat besar terhadap bank sampah dan isu lingkungan lainnya.
Webinar mengenai Sosialisasi & Pengenalan “Program Kita Peduli” Dari Kita Untuk Siswa/I SMA & SMK berjalan dengan baik dan penuh antusiasme dari para pelajar yang berkesempatan hadir di forum zoom. Dengan antusiasme yang besar dari pelajar tersebut diharapkan pelajar yang merupakan generasi muda yang berpendidikan, harus memahami bahwa walaupun sampah itu bersifat kotor, namun tidak selamanya dibuang sembarang tempat. Namun, harus mengetahui betapa penting mengelolan sampah dengan baik, dan menggunakannya sebagai peluang yang bisa menghasilkan barang baru dan uang. Dengan pengelolaan sampah yang baik, akan memberikan dampak yang baik pula bagi lingkungan sekolah dan tempat tinggal yang bersih, sehat serta nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *